Menu

Ayo Sobat Muda, Semangat !!

28/10/2010 | Uncategorized

Untuk Peringatan Sumpah Pemuda 2010
Sahabat muda, taukah kalian bahwa ketika para pendiri negeri ini mulai merumuskan perjuangan untuk kemerdekaan bangsa kita, usia mereka relatif masih sangat muda. Namun semangat dan perjuangan mereka tidak terkalahkan oleh apapun. Dari usia yang masih muda, dilatarbelakangi perbedaan yang akhirnya mampu menyatukan seorang Soekarno, Hatta, Tabrani, Soekarni, Sartono, Iwa Kusumasumantri, Sastromoeljono, Sugondo Djojopuspito, Nazir Pamuntjak, Agus Salim, M. Yamin adalah sebagian dari mereka
Meski beragam perbedaan diantara mereka, ternyata mereka memimpikan atmosfer yang sama : KEMERDEKAAN

“…Perasaan ‘merdeka’ itu menyeruak; membebaskan dari atmosfer sempit dan menyesakkan dari kehidupan kolonial.”   ( Mohammad Hatta )

 

Sobat MuDA, di balik atmosfer kemerdekaan yang kita nikmati saat ini, ada semangat para pemuda pejuang kemerdekaan yang begitu pekat terasa. Berawal dari kesadaran yang sama serta keinginan untuk mengakhiri ketidakadilan akibat penjajahan, lambat laun mereka mulai menginginkan kemerdekaan. Berbekal kecintaan serta kebanggan terhadap tanah airnya, mereka memutuskan untuk memulai Indonesia dan mengakhiri kesewenang-wenangan pemerintah kolonial di usia mereka yang terbilang muda. Suatu perjuangan yang tentunya tidak semudah membalik telapak tangan.

 

Mengenang apa yang telah dilakukan para pemuda di zaman pra kemerdekaan, sepatutnya kita bangga memiliki teladan seperti mereka. Merekalah pemuda Indonesia yang sesungguhnya, yang bangga dan cinta terhadap tanah airnya. Begitu besarnya cinta mereka terhadap Indonesia, mereka sangat bersemangat membiasakan diri berbahasa Indonesia pada awal kemerdekaan meskipun harus terbata-bata. Konon ketika Amir Sjarifuddin, Wakil Ketua Kongres Pemuda II, menanyakan apakah mereka siap berbahasa Indonesia, hadirin menjawab, “Sikkkkaaap…” *) . Melalui momentum Sumpah Pemuda, mereka bersedia mengesampingkan ego kedaerahan mereka dan memandang diri sebagai bagian dari Indonesia yang satu.
Nah, Sobat MuDA, apa yang telah kita lakukan untuk mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan dengan susah payah ? Apakah semangat kebangsaan mereka, pemuda pejuang kemerdekaan, yang begitu bangga terhadap tanah airnya telah merasuk ke dalam jiwa kita? Bukan sekedar kata “bangga” yang terucap di bibir, tidak, bangsa ini membutuhkan tindakan realistis yang berlandaskan semangat kebangsaan. Ketika penggunaan kata-kata asing lebih akrab terdengar di telinga kita dalam kegiatan sehari-hari, ketika itulah kita seharusnya mengingat semangat pejuang kemerdekaan menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional. Ketika arus globalisasi mendobrak masuk dan budaya barat menjadi lebih digemari, ketika itulah kita seharusnya mengingat keragaman budaya yang kita miliki, warisan historis yang tak ternilai harganya.
Karena di pundak pemuda-lah masa depan bangsa Indonesia digantungkan, tangan-tangan Sobat MuDA sekalian-lah yang akan menentukan nasib bangsa ini kelak. Yuk, kita belajar untuk mencintai negeri sendiri mulai dari sekarang. Di setiap jengkal zamrud khatulistiwa yang mempesona ini, tak ada alasan bagi kita untuk tidak bangga menjadi seorang Indonesia. Bangga Indonesia!
Share to Media

Related For Ayo Sobat Muda, Semangat !!