Menu

Demo Gak perlu Anarkis…

10/12/2010 | CORETAN

Membaca dikoran dan nonton di TV  tentang berita aksi demonstrasi memperingati Hari Antikorupsi se-dunia di Kota Makassar, Kamis, 9 Desember, menjadi miris dan ikut prihatin. Ulah anarkis demonstran dari berbagai perguruan tinggi menyebabkan masyarakat yang tak tau apa-apa malah ikut terkena imbasnya.
Para mahasiswa itu melakukan aksinya sembari menutup jalan, mereka bentrok dengan para aparat kemanan, bahkan ada sebagian yang merusak beberapa fasilitas umum. Bukankah hal ini malah membuat masyarakat. jadi tambah sengsara. Lihat saja kejadian di makasar  kemarin, selama tujuh jam, sejak pukul 11.30 hingga 18.30 Wita, masyarakat telantar di jalan. 

Kemacetan total itu memaksa sejumlah penumpang angkutan kota (petepete) terpaksa berjalan kaki beberapa kilometer. Sebagian warga mengeluhkan aksi mahasiswa yang anarkis saat berdemo. Pasalnya, aktivitas masyarakat menjadi terganggu. Ada beberapa orang tua yang kesulitan menjemput anaknya pulang sekolah, lantaran jalan diblokade.
Sobat muda,  selaku generasi muda saya jadi heran dengan ulah rekan-rekan k :ita itu. Mestinya berdemo dengan dewasa. Tidak perlu sampai menutup jalan karena yang dirugikan masyarakat. Apalagi merusak fasilitas umum, membakar gedung atau apalah aksinya. Bukankah aksi mereka juga mengatasnamakan rakyat, dan berjuang untuk kepentingan rakyat. Alangkah indahnya bila penyampaian aspirasi dilakukan dengan damai, tanpa kekerasan, dan penuh toleransi.. tentu pembangunan di Indonesia akan semakin baik.. bukankah Indonesia yang aman, tentram, dan sejahtera adalah impian kita semua?? bukankah itu yang ingin diwujudkan oleh para mahasiswa itu?
Beberapa contoh dari kemacetan yang diakibatkan aksi demonstrasi mahasiswa :
  1. banyak pedagang yang tak bisa berdagang karena jalannya terhalang
  2. banyak orang sakit yang tak terselamatkan karena tak sempat dilarikan ke rumah sakit?
  3. banyak pegawai yang tak dapat /terlambat melaksanakan tugas karena jalannya terhambat
  4. banyak masyarakat yang risih, dan jadi prihatin kalo lihat di tv britanya tentang demo yang rusuh
  5. banyak warga tak dapat lagi menggunakan fasilitas umum yang sudah dirusak
  6. berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki fasilitas umum tersebut
  7. semua fasilitas umum berasal dari pajak.. bayangkan.. berapa uang pajak yang terbuang sia-sia hanya untuk membangun fasilitas umum yang kemudian hanya akan dirusak

Related For Demo Gak perlu Anarkis…