Menu

Hikmah Berpuasa

20/07/2012 | CORETAN, RENUNGAN

Alhamdulillah, saya termasuk yang meyakini bahwa puasa Ramadhan 1433 H jatuh pada hari Jum’at 20 Juli 2012. Artinya hari ini adalah hari pertama bagi saya menjalani ibadah puasa. Saya tidak ingin berpolemik tentang perbedaan yang terjadi antara pemerintah dan beberapa ormas Islam, bagi saya ibadah puasa harus diyakini dengan dasar keyakinan pada dalil yang benar. Maka sangat penting adanya rasa saling menghormati, menghargai apapun keputusan yang diambil oleh masing-masing pihak. Kali ini saya ingin berbagi tentang beragam manfaat atau hikmah dari puasa. Mungkin sudah banyak yang mengulas dan membahasnya, namun insyaAllah masih menarik untuk kita simak sebagai bagian dari ilmu yang bisa bermanfaat.

Ibadah puasa di dalam Islam mengandung banyak hikmah atau ajaran-ajaran untuk meningkatkan nilai-nilai manusia dan mem­pertinggi mutunya yang paling penting. Puasa bukan hanya sekedar menahan rasa lapar, menahan diri untuk tidak makan, minum dan hal-hal lain yang membatalkannya. Namun lebih dari itu, ternyata hikmah dari ibadah puasa yang bisa kita peroleh diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Melatih manusia memiliki sifat khasyyah (takut) kepada Allah, baik secara rahasia, maupun terang-terangan, karena tiada yang mengawasi orang yang berpuasa itu kecuali Allah.

Ia meninggalkan syahwatnya terhadap makanan yang lezat, minuman yang segar dan lain-lain sebagainya, karena semata- mata melaksanakan perintah Allah, dan tunduk kepada petunjuk agamanya, untuk berpuasa sebulan lamanya.

2. Memecahkan ketajaman syahwat, dan menjadikan jiwa dapat menguasai syahwatnya, sesuai dengan petunjuk agama. Apabila seorang selalu menuruti keinginan nafsu syahwatnya, maka ia telah menjadi budak dari nafsu syahwatnya.

3. Melatih diri bersifat kasih sayang, sehingga terdorong untuk melakukan perbuatan sosial, seperti memberikan sedekah kepada fakir miskin. Memberi bantuan kepada orang-orang yang tertimpa bencana, karena ia ketika merasakan kelaparan, teringat kepada orang-orang yang menderita kelaparan, atau orang-orang yang tertimpa musibah.

4. Menimbulkan rasa cinta kepada keadilan, dan persamaan derajat umat manusia, dalam menjalankan kewajiban dan memperoleh hak. Dalam pelaksanaan ibadah puasa ini, terlihat persamaan antara orang-orang kaya dengan fakir miskin, dan antara penguasa dengan rakyat jelata, dalam melaksanakan satu kewajiban agama.

5. Membiasakan umat untuk hidup teratur dan bersatu, menghindari sifat sombong dan iri hati. Mereka memulai ibadah puasanya di dalam satu waktu, dan mereka berbuka dalam satu waktu pula. Mereka sama-sama menunggu waktu dengan kesabaran, dan tidak seorang pun mendahului orang lain di dalam berbuka itu.

6. Membersihkan usus atau alat pencerna, daripada zat-zat yang berbahaya dalam perut, seperti zat lemah dan sebagainya; dan menghilangkan zat-zat yang mengendap di dalam tubuh, mengeringkan kelembabannya, dan menghancurkan lemak yang dapat berbahaya terhadap jantung

Itulah beberapa hikmah dari menjalani ibadah puasa, semoga ibadah puasa Ramadhan kita bisa menjadi banyak manfaat dan hikmah yang ada bisa kita dapatkan. Tak lupa, saya mengucapkan Selamat Berpuasa, Selamat menjalani ibadah Ramadhan 1433 H, semoga kita semua semakin menjadi hamba-hamba Allah yang meningkat kadar Taqwanya, Amin



Sumber : Republika

Related For Hikmah Berpuasa