Menu

Menjadi Guru yang Inspiratif

07/07/2012 | Edukasi, INSPIRATIF

Sudah semestinya profesi Guru tidak hanya dipandang sebagai sosok pengajar yang melakukan kegiatan transfer ilmu bagi para siswanya. Sejak jaman dulu, bahkan profesi guru lebih dikenal sebagai sosok pahlawan tanpa tanda jasa. Meskipun istilah ini masih banyak pula yang menyalah artikan, padahal maksud yang terkadung dalam istilah itu boleh jadi menjadi sindiran bagi kita yang terkadang melupakan jasa-jasa para Guru.

Sudahkan saat ini Guru Menjadi Inspirasi ?, saya pikir upaya untuk itu sudah banyak dilakukan oleh rekan-rekan sesama pendidik. Guru bisa menjadi pemberi inspirasi bagi setiap siswa didiknya, gurulah yang membuka pintu kemajuan, dan mengarahkan hidup seseorang ke arah yang lebih baik. Sejatinya sosok Guru mengajar dengan kepercayaan dan niat baik, karena negeri kita masih memiliki masa depan yang harusnya lebih baik.

Sampai saat ini saya masih menyimpan banyak kisah inspirasi dari para Guru saya, khususnya mereka yang dulu mendidik saya ketika usia Sekolah Dasar di Kalimantan dulu. Terbayanga betapa mereka selalu menjadi teladan dalam segala hal, tutur kata, kesederhanaan, kesabaran dan keikhlasan yang luar biasa.

Setiap tindakan, selalu saja menjadi inspirasi buat saya, hingga terbesit cita-cita kelak jika sudah besar saya ingin jadi guru. Dalam hal-hal kecil guru saya selalu menjadi contoh bagi semua anak didiknya, misalnya ucapan yang terjaga kejujurannya, kegigihan dalam berjuang ditengah keterbatasan sekolah, nasehat dan motivasi yang selalu diberikan seolah tak pernah bosan beliau sampaikan.

Saya pernah membaca apa yang pernah dikatakan Pendiri Sekolah Alam di Bandung Lendo Novo, bahwa Guru itu bekerja tidak seperti seorang tukang, tapi bagaikan seniman, Guru yang model begini tidak sekedar berusaha mencetak para siswanya untuk bisa naik kelas, tapi ia mampu memberikan bekal bagi para siswanya dengan inspirasi yang tak pernah mati.

Hal inilah yang sedang saya coba untuk lakukan kepada para anak-anak didik saya yang saat tulisan ini saya tulis sedang berjuang mengerjakan Ujian Kenaikan Kelas di dalam ruangannya masing-masing. Mencoba senantiasa untuk menjadi pribadi yang menginspirasi menjadi teladan yang baik bagi mereka.

Mengambil peran seorang Guru yang bukan hanya mengajar tapi juga mendidik, tidaklah mudah. Tapi hal ini bisa dilakukan dari hal-hal yang kecil, contohnya dengan keteladanan dalam berbagai sikap, tutur kata, kebiasaan baik dengan membuang sampah pada tempatnya.

Semuanya tentu berawal dari semangat, semangat untuk melahirkan generasi yang cerdas bukan sekedar bisa naik kelas, bukan hanya bisa lulus tapi menjadi pribadi-pribadi yang penuh semangat meraih mimpi-mimpinya. Dan semua itu bisa kita lakukan sejak saat ini dan dimulai dari langkah-langkah kecil yang konsisten.

Bagi sesama rekan pendidik, rasanya perlu, hari ini kita mencoba bertanya dalam diri, dan menjawab secara jujur “sudahkah saya menjadi guru yang menginspirasi ?”

Mungkin kita adalah sebagian dari putra bangsa yang memang senang mengajar, tapi barangkali ada pula yang melakukannya sebagai pekerjaan sampingan, mengajar untuk mengisi waktu luang agar bisa bermanfaat untuk yang lain.

Menutup tulisan sederhana ini, sebagai bagian dari pendidik saya masih harus terus belajar, semoga ini membuat kita tetap semangat dan tidak merasa cepat puas dengan apa yang sudah kita lakukan untuk mengabdi dan berbagi ilmu di lingkungan sekitar. Rasanya perlu terkadang kita berkaca, bahwa usaha hingga lelah yang kita rasakan belum apa-apa dibanding guru-guru kita yang bahkan mengabdikan seluruh hidupnya untuk mendidik kita dulu. Ketulusan itulah yang menjadikan mereka tetap menjadi inspirasi bagi kita. Sudahkah kita juga demikian? Menjadi Guru yang Menginspirasi. Salam Guru Indonesia !

www.masodjie.com

Related For Menjadi Guru yang Inspiratif