Menu

Test Urine untuk masuk SMA

09/06/2012 | CORETAN, Edukasi, INSPIRATIF

Dalam beberapa hari kedepan ini dipastikan menjadi hari-hari sibuk bagi calon pelajar yang ingin melanjutkan pendidikannya di jenjang yang lebih tinggi. Yang terbaru dari dunia pendidikan, beberapa daerah sudah mewacanakan untuk mengadakan test urine bagi calon siswa tingkat SMA. Bahkan ada beberapa daerah yang sudah mulai menerapkan wacana ini. Seperti yang diberitakan Kompas.com di Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara, ada peraturan dari Dinas Pendidikan setempat yang bekerjasama dengan Badan Narkotika Nsional bahwa setiap calon Siswa SMA dan Mahasiswa diwajibkan menjalani test urine sebelum mendaftar di SMA dan Perguruan Tinggi. Akhirnya ratusan calon siswa SMA dan mahasiswa Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, menjalani tes urine di kantor Badan Narkotika Nasional Kolaka.

Menarik, bahwa hal ini dilakukan dalam rangka mengurangi penggunaan narkoba dikalangan pelajar dan mahasiswa, harapannya dengan adanya test semacam ini penggunaan narkotikan bisa diminimalisir. Saya pribadi menyambut positif penerapan ini, terlepas dari berbagai macam komentar dari berbagai pihak. Penggunaan Narkoba di kalangan pelajar akhir-akhir ini memang cukup meresahkan, di Jakarta sendiri, kalangan pelajar menempati urutan empat besar pemakai narkoba.

Pusat kontrol yang sebenarnya adalah dilingkungan keluarga, dalam hal ini Orang tua harus waspada dan mengawasi anak-anaknya, karena sudah ribuan pelajar tercatat sebagai pengguna narkoba. Pendidik juga harus memperhatikan anak didiknya ketika di sekolah. Narkoba merupakan ancaman serius bagi generasi muda Indonesia. Jika tidak segera dicarikan solusinya, maka generasi mendatang tidak bisa menjadi harapan orang tua dan bangsa.

Untuk itulah, penerapan Test Urine yang menjadi salah satu syarat memasuki sebuah Sekolah sudah selayaknya mulai diberlakukan, khususnya dibeberapa kota besar. Menariknya, mengapa yang sudah menerapkan justru bukan di kota besar seperti Jakarta, Surabaya atau Bandung?, jika melihat perkembangan pengguna narkoba saat ini bukankah pengguna terbesar narkoba ada di pusat ibu kota Jakarta? Hal lain yang perlu dicermati adalah masalah biaya test urine sendiri, harapan semua pihak bahwa masalah biaya untuk penerapan test urine ini tidak menjadi beban bagi para siswa. Semoga saja kedepan untuk seluruh wilayah pemberlakuan test urine ini sudah bisa diterapakan. Semoga saja.

Related For Test Urine untuk masuk SMA