Menu

Momentum Kebangkitan Nasional

21/05/2012 | CORETAN, KOPI OPINI, MOTIVASI

Tanggal 20 Mei 2012, diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional, hari ini saya ingin sedikit mengulas tentang momentum kebangkitan nasional dihubungkan dengan pribadi kita saat ini. Kalau dilihat dari sisi sejarah, terkadang masih banyak sebagian dari kita belum begitu tau, bahkan sama sekali tidak peduli dengan peristiwa sejarah tanggal 20 Mei 1908 itu. Yang kita tau hanya sebatas bahwa pada tanggal tersebut telah berdiri organisasi pergerakan pertama bernama Boedi Utomo. Pergerakan Nasional yang diprakarsai oleh tokoh bernama Soetomo ini akhirnya menjadi awal bangkitnya semangat nasionalisme.

Terlepas dari adanya sejarah tersebut, kalau kita lihat dalam kehidupan diri kita, sudahkah kita menjadikan momentum kebangkitan nasional ini sebagai sebuah motivasi bagi kita untuk terus berjuang dan berbenah bagi keberhasilan kita.

Jika kita lihat apa yang terjadi pada generasi saat ini, tidak bisa kita pungkiri bahwa realita saat ini sungguh berbeda dengan apa yang terjadi pada masa pergerakan dahulu. Terkadang saya, dan kita barangkali merasakan kurang peduli terhadap ruang sejarah publik yang seharusnya manfaatnya dapat kita ambil sebagai pelajaran dan momentum untuk bangkit. Masih banyak diantara kita yang begitu terlena dengan gemerlap kehidupan, sehingga sering kegagalan yang kita hadapi sebenarnya adalah akibat dari kita.

Coba saja lihat, perayaan Hari Kebangkitan Nasional sekarang ini, Momentum ini hanya diperingati secara seremonial saja tanpa ada implementasi kritis yang terus berkesinambungan. Sehingga yang terjadi adalah ketidakpedulian para generasi terhadap bangsa dan negaranya.

Momentum Kebangkitan bukanlah sekedar seremonial biasa, atau berdiri tegak untuk ikut serta dalam upacara. Lebih dari itu, seharusnya timbul dari kita sebuah motivasi yang menggelitik sehingga tumbuh pertanyaan kenapa kita perlu bangkit dari ketertinggalan, bangkit dari kemalasan, bangkit dari hal-hal yang masih membelenggu kita dari ketidak berhasilan.

Sulit dipungkiri ! manusia kini ternyata tengah dilanda kegelisahan yang amat parah, kegelisahan yang tidak Cuma disebabkan oleh satu hal, namun disebabkan oleh berbagai hal yang pada saat ini tengah mementaskan peranannya yang merisaukan. Kita adalah manusia yang disebut sebagai makhluk yang doyan berfikir, yang bahkan oleh Ibn Khaldun disanjungnya sebagai sumber segenap kesempurnaan dan puncak segala kemuliaan

Hendaknya, inilah saatnya kita bangkit dari segala belenggu negatif, dari segala kemalasan, dari ketidak pedulian terhadap lingkungan, dari keacuhan terhadap sekitar, terhadap segenap kemunduran dan kemajuan umat. Mari kita jadikan diri kita sebagai pribadi yang berusaha bangkit dari hal-hal tersebut. Apapun diri kita, dengan segala macam problematika hidup, kita jadikan hari-hari kedepan menjadi lebih berharga dan membawa manfaat. Semoga ! Salam Kebangkita Nasional !

Related For Momentum Kebangkitan Nasional