Menu

Memilih Sekolah Untuk Anak Kita

Ujian Nasional Tahun ini sudah selesai di tempuh oleh para peserta didik dari semua jenjang pendidikan. Bagi para orang tua, kini saatnya kita disibukan dengan mencari tempat untuk kelanjutan jenjang pendidikan anak kita, yang lulus TK pastinya mencari SD, sedangkan anak-anak kita yang lulus dari tingkat Sekolah Dasar mencari SMP, yang dari SMP mencari SMA..

Artikel saya kali ini kita bahas tentang bagaimana memilih sekolah yang tepat untuk pendidikan anak-anak kita. Barangkali momentumnya tepat mengingat dalam bulan-bulan kedepan kita akan disibukan dengan suasana mencari sekolah untuk kelanjutan pendidikan putra-putri kita.

Banyak tawaran sekolah-sekolah favorit disekitar kita, berbagai keunggulan dari sisi prestasi, akademik, fasilitas hingga kemegahan gedung yang ditawarkan. Memilih sekolah hendaknya tidak hanya melihat pada status negeri atau swasta saja, juga bukan hanya menjadikan kemegahan gedung dan kelengkapan fasilitas sebagai tolak ukurnya. Jauh lebih penting adalah memilih sekolah yang benar-benar memberikan lingkungan dan pendidikan seperti yang kita inginkan. Kita ingin anak-anak kita tumbuh menjadi anak yang taqwa, cerdas dan terampil sesuai dengan slogan pendidikan di negeri kita. Setidaknya bagaimana sekolah menjadi tempat pembinaan Iman, Ilmu dan Akhlak bagi peserta didiknya. Jika betul demikian yang kita inginkan, semestinya kita mencarikan sekolah yang selain memberikan pelajaran umum juga memberikan pelajaran agama dalam prosentase yang lebih besar. Sekarang ini sudah banyak berdiri sekolah-sekolah Islam terpadu atapun juga madrasah-madrasah yang dikelola secara modern dengan fasilitas-fasilitas yang tak kalah lengkap dibandingkan sekolah favorit pada umumnya. Bahkan, sekolah-sekolah seperti ini memiliki nilai plus karena disamping pelajaran umum yang diberikan,juga porsi pelajaran agama diberikan dalam jumlah yang lebih besar.

Untuk tingkatan SMP-SMA saya cenderung memberi alternatif pada sekolah-sekolah dengan sistem Boarding School, atau yang biasa disebut dengan Sekolah Berasrama atau Pesantren Modern. Kenapa demikian?, bagi saya muatan yang ada pada sekolah Boarding memiliki banyak kelebihan jika dibanding dengan sekolah-sekolah yang biasa. Selain anak mendapatkan Ilmu Umum, Ilmu Agama, secara mental juga anak akan dilatih untuk memiliki kemandirian tinggi. Selain itu dari segi kedisiplinan anak, saya rasa pendidikan Boarding sudah menerapka aturan-atuan selama 24 jam anak berada di lingkungan Asrama dan Sekolah.

Nah, Sekolah mana yang akan anda dipilih? Kembalikan pada tujuan awal bahwa menyekolahkan anak adalah agar anak tumbuh menjadi generasi yang taqwa, cerdas dan terampil. Pilihlah sekolah yang memberikan perhatian lebih pada agama dan akhlak anak didiknya. Jangan asal favorit, jangan asal berfasilitas kumplit, jangan asal terlihat elit. Pilihlah sekolah yang bisa menghasilkan siswa siswi yang taqwa, cerdas dan terampil. Taqwa itu yang utama. Kecerdasan dan ketrampilan yang dilandasi ketaqwaan akan membawa kemaslahatan. Sebaliknya, kecerdasan dan ketrampilan tanpa dilandasi ketaqwaan, akan mendatangkan kemudharatan. Ketaqwaan tanpa disertai kecerdasan akan menjadi sesat. Tak akan bernilai apabila sesuatu termasuk ibadah dilakukan tanpa ilmu. Ketaqwaan dan kecerdasan akan mandul dan sekedar menjadi teori tanpa memiliki ketrampilan untuk mengamalkannya.

Pastikan anak-anak kita masuk ke sekolah yang bisa melahirkan generas-generasi yang membanggakan. Ya taqwa, ya cerdas, ya terampil. Terbina secara Ilmu, Iman dan Akhlaknya. Karena jika sudah terbina ketiga hal tersebut, kesuksesan dunia dan akhirat tak lagi mustahil. Insya Allah.

Related For Memilih Sekolah Untuk Anak Kita