Menu

Anak Buruh berprestasi ( Nilai UAN SMA tertinggi se- Indonesia )

Seorang ibu disebuah rumah sederhana siang itu mendekap erat putrinya erat-erat, berkali-kali dia menepuk bahu putrinya itu, sementara air matanya terus bercucuran disela keriput pipinya. Sang putri tak kuasa menahan gejolak jiwanya dan ikut menangis, sementara disudut lain seorang lakik-laki paruh baya yang ternyata adalah ayahnya hanya terpaku mematung melihat kebahagiaan istri dan anaknya.

Hari itu adalah hari bersejarah bagi Atik, seorang siswi SMK Negeri 1 Bantul, tanpa dia sangka nilai hasil Ujian Akhir Nasional (UAN ) yang baru kemarin diumumkan ternyata memperoleh nilai tertinggi se Indonesia.  Atik berhasil meraih nilai dengan jumlah 39,29 untuk 4 mata pelajaran. Yang luar biasa nilai Bahasa Inggris dan Matematika diperoleh dengan sempurna (10,00), Bahasa Indonesia 9,80,  dan untuk Mata Pelajaran Kompetensi dia memperoleh nilai 9,49.

Saya menjadi orang yang paling salut, bukan sebatas karena prestasi yang diperoleh atik menjadi yang tertinggi se Indonesia. Tetapi setelah melihat latar belakang keluarganya. Atik Fajaryani hanyalah seorang anak dari keluarga sederhana, atau lebih tepatnya keluarga pas-pasan. Ayahnya hanya seorang buruh lepas, dan keseharian Atik tidak terlalu istimewa. Sepulan sekolah Atik masih harus membantu pekerjaan ibunya dirumah. Berangkat kesekolah Atik harus mengayuh sepeda, berbeda dengan teman-teman lainya yang sudah mengendarai Sepeda Motor. 

Saat ditanya, apa resep yang dimilikinya, gadis sederhana empat bersaudara itu mengaku tidak ada persiapan khusus. Dia mengatakan bahwa yang biasa dia lakukan sejak SMP adalah selalu belajar rutin setiap pagi menjelang Sholat Subuh.

Sekali lagi kita belajar banyak dari apa yang terjadi pada Atik, meski hidup dalam keterbatasan ekonomi tapi dia berhasil membuktikan kepada kita bahwa tidak ada yang menghalanginya untuk bisa berprestasi. Hidup dalam setiap keterbatasan bukan sebuah halangan untuk kita berprestasi.

Saya dan anda sekalian mungkin terkadang masih terus mengeluh akan sebuah keterbatasan, kekurangan dan kelemahan yang ada. Tapi sebenarnya tekad dan impian yang kuat mengalahkan segalanya.  Yuk kita menjadi pribadi yang penuh prestasi, bukan saling mencaci, meski keterbatasan mengikuti kita.

Related For Anak Buruh berprestasi ( Nilai UAN SMA tertinggi se- Indonesia )