Menu

Kenapa Takut Mencoba

07/06/2016 | CORETAN, INSPIRATIF, MOTIVASI

 

 

Anda sudah pernah mencoba? Mencoba sesuatu yang mungkin bisa menghantarkan diri anda pada keberhasilan terhadap apa yang anda inginkan.  Mencoba berwirausaha, mencoba mempelajari hal yang baru, atau ada sebagian dari kita yang masih ragu-ragu, bahkan takut mencoba, Kenapa Takut Mencoba ? ini pertanyaan dasar bagi kita yang selama ini masih ragu-ragu untuk mencoba.

Orang-orang mempunyai jalan mereka sendiri dalam meraih kesuksesan. Sukses tidak pernah memiliki rahasia. Dia dapat dicapai melalui berbagai hal, seperti sikap, keyakinan, dan kebiasaan. Sikap seseorang dapat menentukan lancar atau tidaknya jalan menuju kesuksesan. Jika ia serius dalam mewujudkan tujuan hidupnya, maka sukses dapat ia genggam. Pada lain pihak, keyakinan juga mempengaruhi mulusnya jalan menggapai sukses.

Ketika seseorang berjuang menjadi orang sukses namun di tengah jalan ia ragu dan kehilangan keteguhan, maka perjalanan itu akan menjadi lebih berat dari sebelumnya. Kebiasaan seseorang juga menentukan sebuah kesuksesan. Ukuran sukses seseorang bergantung pada kebiasaan yang ia lakukan dalam kesehariannya.

Keberanian dalam mencoba sesuatu merupakan kebiasaan seseorang yang luar biasa. Namun, hal itu tidak mudah untuk dilakukan. Banyak faktor-faktor yang dapat merusak kebiasaan tersebut. Memperkuat keyakinan dan tetap istiqomah menjadi hal utama dalam bertahan untuk meraih kesuksesan.

El-Bantanie (2008:15) berpendapat bahwa orang yang tidak tahu tapi mau melakukan adalah salah satu tipe orang yang mau mencoba melakukan sesuatu meskipun dia tahu akan menemukan kesulitan bahkan kegagalan. Hal ini dapat menjadi alat untuk menyadarkan seseorang bahwa sukses  membutuhkan proses yang tidak instant.

Kenapa masih takut mencoba, sedangkan setiap ketakutan yang kita miliki hanya akan membuat kita ragu dan tidak akan melakukan apapun. Poin penting yang perlu diingat bahwa sukses juga sebuah pilihan.

Artinya jika kita memilih untuk menjadi seseorang yang sukses, ada harga dan pengorbanan yang perlu dibayar. Seberapa besar sukses itu berbanding lurus dengan seberapa banyak pengorbanan yang kita berikan.  Harga untuk membayar sebuah kesuksesan dapat berupa tindakan, waktu, ataupun materi. Hal ini sesuai dengan pendapat Diredja (2012:347) dalam bukunya yang berjudul Chairul Tanjung Si Anak Singkong seperti dalam kutipan berikut.

Tidak ada kesuksesan yang bisa dicapai seperti membalikkan telapak tangan. Tidak ada keberhasilan tanpa kerja keras, keuletan, kegigihan, dan kedisiplinan. Hal itu juga harus dibarengi dengan sikap pantang menyerah dan tidak cepat putus asa.

Semua cita-cita dan ambisi hanya bisa direngkuh apabila kita mau terus belajar berbagai hal, dimana pun dan kepada siapapun.

Yang masih takut mencoba, alasan yang mendasari biasanya adalah takut gagal. Ketakutan gagal yang kita miliki menjadikan kita malah tidak berani mencoba. Apakah kita takut gagal? Sedemikian takutnya sampai kita tidak berusaha untuk mencoba? Coba kita pikirkan kembali, hal tersebut benar-benar tidak masuk akal. Dengan tidak mencoba barang satu kalipun, sebenarnya kita sudah gagal. Jadi kesimpulannya rasa takut gagal adalah penyebab kegagalan yang pasti.

 

Related For Kenapa Takut Mencoba