Menu

Lama Gak Nulis

Cara menulis yang baik dan benar

Gak terasa waktu terus berjalan, lama juga saya tidak menuangkan tulisan di web ini, terakhir saya menulis bulan Mei 2016, dan saat ini masih dibulan yang sama berbeda tahun, ternyata sudah setahun saya tidak menulis.
Agak kaku juga rasanya tangan ini, entah apa yang menjadi alasan, tapi yang jelas kesibukan selalu menjadi kambing hitam. Padahal yang sebenarnya adalah rasa malas yang mendera, sehingga waktu yang ada terbuang sia-sia. Sebenarnya kalau dibilang sibuk, ya tidak terlalu sibu, tapi saya juga bukan pengangguran yang memiliki banyak waktu luang. Ya sudahlah, itu sudah berlalu, dan kali ini saya kembali membuka blog ini untuk sedikit melepas rindu dengan komunitas dunia maya, dunia yang dulu saya gunakan sebagai dunia menuangkan ide-ide saya.
Kali ini saya kembali kesini, dengan sedikit kekakuan saat akan menuangkan ide tulisan saya, mau bahas apa kira-kira. Sederhana, saya hanya ingin menyemangati diri saya bahwa kemalasan ini ternyata tidak menjadikan saya lebih baik. Waktu yang disediakan Allah kebanyakan kita gunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Usia yang kita miliki sudah dibatasi oleh Allah, maka pertanyaan mendasarnya adalah sudah sejauh mana kita gunakan usia yang kita jalani ini.

Sahabat, saya adalah seorang pendidik yang melewati hari-hari saya bersama anak-anak hebat di sebuah kampus yang membersama anak-anak selama 24 jam penuh. Banyak cerita yang bisa saya peroleh tentang mereka, khususnya dalam memanfaatkan waktu luang.
Pendidikan asrama 24 jam dengan sistem pesantren (boarding school) mereka jalani dengan senang. Tentu saja sistem yang diterapkan sebagai aturan dipesantren kami didesain sedemikian rupa agar mereka bisa mengatur sendiri waktu yang mereka gunakan. Ribuan santri yang saya dampingi banyak memberi inspirasi dan pelajaran bagi saya tentang bagaimana mereka memanfaatkan keterbatasan waktu setiap hari dengan jadwal yang begitu padat. Seharusnya saya bisa banyak belajar dari mereka, namun sepertinya hanya untuk menuangkan ide tulisan dalam hitungan beberapa menit diblog ini masih sulit dilakukan.

So, hari ini saya kembali berkomitmen untuk melanjutkan hoby lama saya, membaca, menulis, berkarya sambil terus belajar dan mengajar. Memanfaatkan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya. Banyak agenda pekerjaan pokok sebagai pengabdi di dunia pendidikan yang harus saya jalani namun ini bukan sebuah alasan bagi saya untuk berkarya. Lho kok malah jadi curhat, hehehe
Sebenarnya saya sedang mengafirmasi diri saya untuk bisa terus bersemangat, mengingat ini adalah momentum yang paling tepat untuk berubah. Ya saya katakan momentum yang tepat karena sebentar lagi, saya selaku muslim akan menikmati kelezatan berkah dari Allah dengan hadirnya satu bulan yang ditunggu-tunggu. Ramadhan, sesaat lagi hadir menemani hari-hari kita, bulan yang disebut sebagai seribu bulan. Penuh rasa harap, semoga saya dan kita semua diberikan kesempatan sampai kembali di bulan mulia ini, beberapa hitungan hari lagi. Semoga,

Mungkin ini dulu sekedar pemanasan dari tulisan saya, setelah sekian lama tidak menulis. Terselip sebuah doa, akan ada artikel-artikel saya berikutnya yang bisa saya tuangkan melalui media ini. Semoga…

Related For Lama Gak Nulis