Menu

Tidak ada balasan Kebaikan, kecuali Kebaikan.

18/05/2017 | CORETAN, INSPIRATIF, KOPI OPINI

046500700_1453441861-Helping_Hand_Christian_Stock_Images

Seringkali dalam kehidupan kita sehari-hari kita merasa apa yang sudah kita lakukan tidak mendapat tanggapan baik dari orang lain. Dalam pekerjaan ataupun dalam berinteraksi dengan orang lain, kita merasa sudah berbuat baik, dengan segala kemampuan yang kita miliki bahkan tak jarang kita harus mengorbankan apa yang kita miliki.

Orang lain memberi tanggapan atas apa yang kita lakukan dengan tidak baik, justru menghina, mencaci, dan meremehkan perbuatan baik kita. Inilah yang terkadang menjadikan kita merasa down berputus asa dan melahirkan ketidak ikhlasan dalam diri kita.

Saudaraku, berbuat baik tidak akan ada ruginya, karena Allah sudah menjanjikan kepada kita bahwa tidak ada balasan perbuatan kebaikan kecuali kebaikan.

Idealnya, memang setiap kita melakukan kebaikan kepada orang lain, orang lain juga melakukan kebaikan kepada kita. Tapi, tak jarang kita mengeluh, karena kebaikan yang sudah kita tanamkan ke orang lain, ternyata malah berbuah hal yang menurut kita bukan merupakan suatu kebaikan.

Terkadang, balasan baik yang kita terima karena kita sudah melakukan kebaikan kepada orang lain, tidak berbentuk kebaikan sesuai yang kita harapkan. Ada kalanya kita merasa kebaikan yang kita lakukan sia-sia, karena tidak dibalas lagi dengan kebaikan oleh orang lain.

Perasaan kecewa akibat perlakuan yang menurut kita tidak seimbang dengan kebaikan yang kita diberikan adalah wajar. Tapi, kita tidak perlu bersedih hati. Satu hal yang harus kita ingat, Allah akan membalas kebaikan yang kita lakukan. Tak ada satu pun kebaikan kita yang lolos dari pencatatan Allah Swt.

Dengan seperti itu, kita tidak perlu bersedih dengan balasan apapun yang kita terima atas kebaikan yang kita lakukan. Niatkan semua amal perbuatan itu hanya karena Allah semata dan jangan pernah mengharap terima kasih dari orang lain! Jangan pernah resah dan gundah karena kebaikan kita tidak dibalas dengan kebaikan pula oleh orang lain.

Teruslah berbuat baik, dimanapun, kapanpun dan kepada siapapun. Perbuatan baik kita akan menjadi inspirasi bagi orang lain untuk melahirkan kebaikan-kebaikan yang lain.

Berbuat baiklah hanya untuk Yang Maha Esa, sebab hanya Dia-lah yang akan memberi pahala. Selama Allah masih melihat dan mengetahui kebaikan yang Anda lakukan, serta mengetahui keutamaan yang Anda ulurkan, maka janganlah mengharapkan pujian dari orang lain.

Related For Tidak ada balasan Kebaikan, kecuali Kebaikan.