Menu

Tak Sobek-Sobek “Akibat Copy Paste !”

13/04/2011 | CORETAN
Masih ingat jargon yang dulu sempat terkenal dari Mr Tukul Arwana?,  yups “Tak Sobek-Sobek”, rasanya hampir semua orang khususnya penggemar berat presenter disalah satu stasiun televisi pastinya tau.
Namun kali ini saya menulis bukan terkait dengan mas Tukul.  Tapi kejadian sobek-menyobek yang terjadi di wilayah jateng beberapa hari yang lalu.
Sebenarnya bukan sesuatu yang istimewa, andai saja yang melakukan sobek-menyobek itu orang biasa. Yang menjadi spesial adalah ketika aksi sobek-sobekan itu dilakukan oleh orang nomer 1 di Jawa Tengah.
Ya, siapa lagi kalau bukan Gubernur Jawa Tengah Bapak Bibit Waluyo, hal ini beliau sampaikan dalam kegiatan bersama pejabat lain di Semarang.
Masalahnya bermula ketika Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) yang disampaikan ke DPRD dan ternyata di kembalikan alias ditolak !. Beritanya ada disini !
Usut punya usut, ternyata tim penyusun dari LKPJ tersebut memasukan data-data lama, alias main copy paste saja. Sehingga dengan nada sedikit emosional pak Gubernur mengaku telah menyobek-nyobek LKPJ dan kembali diserahkan kepada tim penyusun.
Inilah akibat dari para pejabat yang inginnya proses instan, tidak mau repot. Harusnya sebelum dilaporkan ke pihak lain beliau membaca dulu. Sehingga kesalahan atau kejadian copy paste data tidak terjadi.
Kasus copy paste memang sudah sering kita temukan, bukan hanya dari beberapa rekan bloger ( tentunya bukan anda ) ketika dengan mudah mengcopy artikel dari blog yang lain tanpa menyebutkan sumbernya. 
Copy paste juga sering dilakukan oleh anak didik saya, saat mengumpulkan tugas makalah, atau opini  yang diambil langsung dari internet, tapi diakui sebagai karyanya.
Semoga kita bisa belajar dari kasus ini ! Jangan asal copy paste aja ya !

Related For Tak Sobek-Sobek “Akibat Copy Paste !”