Menu

“Saya Capek Ngomongin DPR !”

10/04/2011 | CORETAN, INSPIRATIF, RENUNGAN
Sore kemarin untuk sekedar refresing saya jalan-jalan di alun-alun kota, sperti biasa tujuan saya datang ke angkringan “Sego Bikers” langganan saya. Maklum saya termasuk yang doyan duduk berlama-lama di angkringan. Tempat yang satu ini bisa membuat kita sedikit tenang, karena bisa ngobrol lepas ngalor ngidul bareng teman-teman. Bagi yang tinggal di seputar Jogja, Solo dan Sekitarnya mungkin sudah tidak asing dengan angkringan, sebuah tempat berjualan berbagai macam makanan yang ada di hampir setiap ruas jalan dan gang Jogjakarta, Klaten, Solo dan sekitarnya. Wujudnya seperti sebuah gerobak dorong yang berisi penuh makanan dan jajan, beroperasi di sore, malam dan dinihari dan menggunakan penerangan lampu senthir (kebanyakan) serta temaramnya lampu-lampu mercury jalanan.
Tanpa sengaja di angkringan tersebut saya bertemu dengan teman lama saya yang kebetulan saat ini diberi amanah untuk duduk sebagai anggota DPRD, karena lama nggak ketemu kita ngobrol lepas sambil menikmati sajian khas Wedang Jahe.
Yang belum tau mungkin bertanya-tanya, angkringan yang sering dicap sebagai warung rendahan di pinggir jalan, tapi pada kenyataannya punya konsumen yang beragam, terdiri dari berbagai kalangan. Mulai dari tukang becak, anak2 perantauan, mahasiswa, budayawan dan seniman, karyawan hingga pejabat kadang tak sungkan datang untuk sekedar menikmati teh jahe dan hidangan khas lainnya.
Karena sudah lama tidak bertemu, kami asyik ngobrol berbagai topik, dari hal-hal ringan hingga menjurus ke persoalan yang agak berat, tentunya isu-isu terkait masalah di daerah yang sedang rame di bicarakan. Termasuk berita-berita di Televisi yang akhir-akhir ini rame di bicarakan. Tanpa sadar kami sampai pada topik tentang berita di televisi pagi tadi, terkait rencana pembangunan Gedung Anggota DPR Pusat yang menelan biaya super banyak ( saya sampe gak sanggup menyebutkan ), belum lagi yang paling heboh minggu ini ketika salah satu anggota DPR ketangkap kamera wartawan sedang menonton film yang tidak layak ( film porno ).
Yang membuat saya salut, teman saya ini sama sekali tidak merasa terpengaruh dengan isu-isu negatif yang membuat citra dirinya sebagai sesama anggota Dewan tercemar. “Ngapain aku bingung mas, lha individu kan beda-beda, saya nggak kuatir kok, selama saya tetap amanah dan berbuat baik buat masyarakat, gak masalah” katanya dengan santai.
“Lha seharusnya kan jenengan juga malu mas, apalagi kalau pas partainya jenengan juga ikut tercemar” kata saya berusaha memancing.
Dengan tersenyum dia berkata “sudahlah mas,… saya capek ngomongin DPR, mending nikmatin nasi kucing aja” katanya berusaha untuk mengalihkan topik pembicaraan.
Dalam hati saya sebenarnya sepakat bahwa tidak semua anggota Dewan itu jelek, setidaknya masih ada beberapa anggota yang bener-bener berjuang. Cuma kadang-kadang mereka tidak terlihat, karena tertutup oleh kepentingan politik. Ada benernya juga kalau teman saya tersebut mungkin agak sensitif, ketika selalu saja mendengar obrolan tentang anggota DPR, dengan kalimat “saya capek ngomongin DPR” saya jadi enggan melanjutkan pertanyaan yang lain.
Saya bersyukur meskipun dia duduk sebagai anggota Dewan, tidak melepaskan identitas aslinya, pribadi yang santun, dan tetap senang bercanda. Bahkan kami sempat tertawa terbahak-bahak saat melihat video yang saat ini sedang heboh, apalagi kalau bukan aksinya Briptu Norman yang menirukan lagu India disertai gaya tarian yang unik. Hmmm anggota Dewan juga manusia, kadang serius kadang juga perlu bercanda, kadang khilaf kadang juga aneh…
Saya jadi capek nulis tentang anggota DPR.

Related For “Saya Capek Ngomongin DPR !”