Jangan Bosan Berbuat Baik

Kadang jenuh melanda, bosan menerpa diseluruh aspek kegiatan, entah kenapa? Mungkin karena iman sedang lemah, kurang paham kalau semua kegiatan yang kita lakukan bisa bernilai ibadah, atau mungkin salah niat ketika mengawalinya.

Apalagi urusan dakwah, pasti banyak kendala dan rintangan, karena bukan hanya manusia saja yang menghalangi, setan pun ikut andil dan semangat menghalau. Berbuat kebaikan itu akan terasa ringan ketika sudah terbiasa dilakukan, berbeda dengan mereka yang ada niat lain apalagi terselubung dengan urusan dunia, jangan harap bisa istiqomah melakukannya.

Kalau seseorang menanam padi pasti akan ikut tumbuh rumput dibawahnya, tapi jika kita menanam rumput tidak ada satu padi pun yang ikut tumbuh bersamanya, tidak ada yang sempurna ketika manusia berbuat kebaikan,  kadang ada saja yang menilai perbuatan kita salah, atau mungkin juga kita melakukanya di waktu yang tidak tepat  dan hal-hal factor lain yang menjadikan perbuatan tetap ada salahnya, tapi apakah hanya masalah itu sesorang merasa bosan untuk berbuat baik. Mungkin sebagian iya.

Berbuat jahat saja banyak sekali hambatannya , apalagi kalau berbuat baik. Ditambah tidaklah mudah berbuat baik sekaligus benar, kecuali dia memang tulus melakukannya, samapai manakah seseorang di sebut tulus atau ikhlas. Yaitu sampai dia melakukanya bukan karena mengharap imbalan dari manusia. Termasuk juga penilaian dari mereka apakah apakah yang dia lakukan baik dan benar atau sebaliknya.

Di situlah jati diri seseorang terlihat apakah dia gila pujian atau tidak, tidak ada yang lebih indah pujian kecuali dari Sang Maha Yang Menciptakan manusia beserta kebutuhannya. Saya pernah mendengar dari salah satu guru saya dia mengatakan seperi ini. ‘jangan sampai merasa bosan menjadi orang yang baik’. Karena kita tidak tahu sampai kapan kita dapat melakukan kebaikan.

Ajarkanlah hati untu senantiasa tergugah melakukan kebaikan demi kebaikan, karena kebaikan yang telah kita lakukan pasti akan Allah ganjar dengan sempurna dengan kebaikan yang jauh lebih baik.

Tak peduli saat ini kamu merasa lelah ataupun jenuh, teruslah lunakkan hati dengan percaya bahwa setelah melakukan kebaikan akan ada kebaikan yang menghampiri.  Karena rasa lelah saat melakukan kebaikan akan hilang, sedangkan pahalanya akan tetap ada sebagai simpanan menuju negeri akhirat kelak.

Kebaikan kadang memang membuat kita lelah, namun ketika lelah itu menghampiri segeralah ingat bahwa ada pahala yang akan kekal abadi. Maka teruslah berbagi tanpa tapi dan berbuat baik tiada henti. Selagi masih muda, selagi nyawa masih di raga, maka jangan pernah berhenti menebar kebaikan di mana pun berada.

Share to Media
By Odjie Samroji

11.750 thoughts on “Jangan Bosan Berbuat Baik