Motivasi-Diri-Berani-Mencoba-Anda-Aku-Pasti-Bisa - www.caranciri.blogspot.comDalam sebuah pepatah dari Arab yang cukup terkenal “Jarrib, wa lahidz takun a’rifan” Cobalah dan Perhatikanlah maka kau akan tau. Itulah kunci dari keberhasilan dalam menuntut ilmu. Maknanya, apabila kita ingin mengetahui segala sesuatu ilmu yang baru, tidak ada kata kunci lain kecuali mencoba dan memperhatikan.

Dahulu ketika kita masih kecil, belajar naik sepeda masih teringat bagaimana awalnya kita mencoba naik sepetda. Didahului dengan melihat orang lain, lalu mencoba dengan cara yang sama seperti yang kita perhatikan tadi.

Begitupn kalau kita lihat anak-anak kecil jaman sekarang, lihatlah betapa mereka begitu mahir mnggunakan perangkat komputer. Bahkan sebagian besar mereka juga sudah bisa menggunakan akses internet untuk membuka berbagai situs yang ada. Mereka bisa mahir karena menerapkan apa yang dikatakan oleh pepatah arab tadi.Memperhatikan orang lain, kemudian mencobanya dan jika salah klik mereka lantas mencoba klik tombol yang lain.

Cobalah, maka akan ada kemudahan. Lihatlah para pendaki yang sukses menakhlukan Gunung Merapi, Sukses mendagi Gunung Semeru dan berbagai gunung yang lain, mereka mengawali pendakian berpuluh kilometer dengan langkah pertama.

Sebagaimana pepatah klasik, perjalanan seribu mill dimulai dengan langkah pertama. Ratusan tangga selalu diawali dengan anak tangga yang pertama. Itulah awal dari segala sesuatu. Mungkin saya tidak akan berhasil menyelesaikan buku ini kalau tidak ada kekuatan untuk berani mencoba. Mencoba menulis kata demi kata yang kadang bagi sebagian orang sangat sulit dilakukan, termasuk bagi saya sendiri tentunya.

Celakanya, sebagian dari orang termasuk saya pribadi masih takut untuk memulai. Padahal kita sudah tau target apa yang harus kita capai, kita sudah paham dengan mimpi dan cita-cita kita, namun anehnya kita masih enggan untuk memulainya. Ketakutan menjadi penyebab utama, takut gagal, takut menghadapi ujian, cobaan, dan banyaknya godaan yang lebih menarik.

Share to Media
6 thoughts on “Jarrib, Wa Lahidz !”
  1. It is perfect time to make some plans for the future
    and it is time to be happy. I’ve read this post and if I could
    I wish to suggest you some interesting things or advice.
    Perhaps you can write next articles referring to
    this article. I wish to read even more things about it!
    0mniartist asmr

  2. You really make it seem so easy with your presentation but I find this matter to
    be really something that I think I would never understand.
    It seems too complex and extremely broad for me. I am looking forward for
    your next post, I will try to get the hang of it! asmr 0mniartist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.