Kapan Pandemi ini Berakhir

Kapan Pandemi ini Berakhir ? Rasanya pertanyaan ini yang banyak ditanyakan oleh warga diseluruh dunia saat ini, Kapan pandemic ini akan berakhir ?, sudah lebih dari 1 tahun kita melawan virus ini, tidak sedikit saudara dan orang-orang disekitar kita yang harus menjadi korban. Disebagian negara ada yang sudah mampu mengatasi sehingga wabah bisa dikendalikan. Namun dibeberapa negara virus ini malah semakin menjadi, pun demikian dengan negara kita tercinta.

Berbagai upaya sudah dilakukan, nyatanya negeri ini belum juga mampu keluar dari cobaan ini. beberapa negara yang sebelumnya dinilai sukses mengatasi wabah Corona juga kembali mencatat lonjakan kasus. Singapura, Malaysia, Taiwan, hingga India yang diserang gelombang baru ‘tsunami’ Corona beberapa waktu lalu.  Hal ini kerap memicu pertanyaan, sebenarnya kapan Corona berakhir? Apakah masyarakat bisa kembali ke aktivitas normal seperti sebelum pandemi COVID-19?

Menurut Ketua Satgas COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Zubairi Djoerban menuturkan, mungkin saja Corona tak akan pernah hilang. Ia tak menutup kemungkinan kasus Corona bisa berakhir seperti flu musiman.  Bisa jadi pandemic ini akan bersifat ‘permanen’, tidak akan hilang. Skenarionya itu, bisa menjadi endemik atau seperti flu musiman, tapi masih bisa merenggut nyawa.

Soal endemik yang disinggung Prof Zubairi, pakar epidemiologi Universitas Griffith Australia Dicky Budiman juga pernah menjelaskan seberapa besar kemungkinan Corona menjadi endemik di Indonesia. Kata dia, wilayah yang sulit mencapai angka reproduksi di bawah satu memiliki kemungkinan lebih besar, wabah COVID-19 nantinya menjadi endemik.

Terlebih di tengah sistem kesehatan yang buruk, dan mutasi Corona yang terus bermunculan, potensi Corona menjadi endemik kian besar. Lantas bagaimana dengan herd immunity? Herd immunity pun tidak akan tercapai di waktu dekat. Kondisi Corona di Indonesia, masih jauh dari target kekebalan yang dibutuhkan, yaitu 70 persen. 

Yang jelas tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Tingkat kekebalan yang diperlukan untuk mencapai itu di angka 70 persen dan kita masih jauh. Apakah ada contoh virus yang telah mencapai herd immunity? Ada. Contohnya virus penyebab cacar: variola.

Kita berdoa saja semoga wabah ini segera bisa akita atasi, yang terbaik yang bis kita lakukan adalah dengan menjaga diri dan keluarga, tetap patuhi protocol Kesehatan. Gunakan Masker, cuci tangan, dan hindari kerumuman.

Share to Media
By Odjie Samroji

9.549 thoughts on “Kapan Pandemi ini Berakhir