Remaja Muslim jadilah kebanggaan Islam

 

Sobat muda muslim, gencarnya penyebaran gaya hidup Barat bikin temen-temen kita seperti ngadepin dilema. Tapi bukan dilema cinta. Kudu milih salah satu antara gaul atau Rasul. Ngikutin tren atau pengajian. Biar jadi remaja muslim yang punya idealisme. Gaul iya, identitas muslim juga terjaga. Karena bagi remaja yang pengen trendi, pilihan itu darurat banget. Seperti hidup dan mati. Deeu… sampe segitunya.

Gaul dalam dunia remaja udah dipatok jadi harga mati. Kudu banget. Nggak ada tawar-menawar lagi. Nggak gaul berarti dikacangin. Makanya wajar kalo ada remaja yang mati-matian nggak jajan seminggu buat beli voucher isi ulang ponsel yang 25 rebu-an perak. Yang penting tetep gaul meski cuma modal dengkul.

Berani bergaul berarti kita kudu siap berkorban. Mulai dari uang jajan sampe nilai-nilai Islam. Soalnya, banyak akse-soris dan kegiatan yang udah kepalang dino-batkan jadi simbol pergaulan. Ponsel, jajan di McD, nonton di bioskop, atau nge-dugem. Semuanya perlu doku. Adakalanya pula selalu nyari jalan tengah biar aturan Islam cocok ama simbol-simbol itu. Inilah yang bikin remaja muslim kehilangan identitas. Status keislaman nggak jelas, potret hari depan pun kian bias.
Kini, gaya hidup mengejar mimpi menjadi bintang kian menggejala. Biar bisa ngerasain gaya hidup seleb yang glamour bin mewah. Gaya hidup yang menjanjikan kesenangan dan popularitas. Akhirnya, yang ada dalam benak mereka cuma satu, gimana caranya biar ngetop.. top…top kayak SCTV. Segala potensi yang ada dikerahkan.
Lihat saja, ajang pencarian bakat bintang muda yang digelar beberapa stasiun televisi ibarat gayung bersambut. Peserta yang ikut audisi membludak. Antriannya panjang banget. Tercatat, remaja yang mendaftar ikut audisi Indonesia Mencari Bakat (IMB) periode kedua  aja sebanyak  5000 orang. Sementara yang pengen jadi Indonesian idol sampe nyentuh angka 28 ribu! Nggak peduli suara atawa wajahnya pas-pasan. Pokoknya tampil pede. Kali aja jurinya ngelindur terus ngelolosin doi. Diterima syukur, nggak juga bisa nyoba lagi.
Gaya hidup pengacara alias pengangguran banyak acara juga banyak peminatnya di kalangan remaja. Tiap hari doyannya ngabisin waktu. Nongkrong atawa jalan-jalan nyari kesibukan. Status pengacara terus disandang sampe dapet kerja. Pas giliran dapet kerja, nggak sedikit yang cuma seumur jagung. Bisa karena statusnya karyawan kontrak, bisa juga karena nggak betah. Kudu bangun pagi, kalo telat dimarahin, waktu nongkrong bareng sohib berkurang, atau gajinya yang pas-pasan. Akhirnya kembali lagi ke alamnya menyandang gelar pengacara. Ini sih namanya istiqomah di jalan yang salah atuh! Hehehe…
Sobat muda muslim, hubungan pergaulan dan idealisme remaja emang deket banget. Fase pen-carian identitas yang dilalui remaja menuntut kita untuk punya idealis-me alias tujuan hidup. Mau nggak mau, kita kudu bergaul biar kebayang idealisme kayak gimana sih yang pengen kita usahain. Tentu sesuai kemampuan dong. Cuma sayang seribu sayang, kian hari tren gaul teman remaja kian menuntut para aktivisnya untuk steril dari aturan agama. Hasilnya, tujuan hidup yang mangkal di benak sebagian besar teman remaja cuma sebatas materi, popularitas, atau pengakuan sebagai yang terhebat. Inilah produk gaya hidup Barat yang sekuler. Yang bikin temen-temen kita jadi teler. Waspadalah!
Meneladani sahabat Rasul
Sobat muda muslim, banyak temen kita yang ngefans banget ama bintang-bintang kenamaan; penyanyi pop, bintang sepak bola, tokoh legendaris, atau tokoh-tokoh fiktif. Sekarang coba kamu ceritain mana yang paling kamu kenal kehidupannya: Ali bin Abi Thalib ra atau David Beckham? Abdullah bin Mas’ud atau Michael Jackson? Mushab bin Umair atau Eminem? Usamah bin Zaid atau Gareth Gates?
Nggak usah malu. Jujur aja kalo kita lebih kenal orang-orang yang ada di pilihan kedua yang udah jelas orang kafir dan doyan maksiat. Malah nggak sedikit di antara kita yang ngefans sampe mencontoh gaya hidup mereka. Gaswat kan? Makanya sebagai remaja muslim, kita juga kudu kenal tokoh-tokoh di urutan kedua yang udah terbukti menjadi pemimpin dan pelopor kebangkitan di usia muda. Biar nggak salah pilih idola. Betul nggak seh?
Ali bin Abu Thalib ra. Beliau termasuk generasi pertama pemeluk Islam. Pada usia yang masih sangat belia, delapan tahun, beliau berani memeluk Islam atas keinginannya sendiri. Padahal ayahnya, Abu Thalib, masih tetap dalam keadaan kafir.
Ketika beliau ditanya, “Apakah engkau tidak minta izin dulu kepada Bapakmu untuk masuk Islam?”, maka beliau menjawab dengan tegas, “Allah tidak meminta izin kepada bapakku ketika Ia menciptakanku. Lantas, mengapa aku harus meminta izin kepada ayahku untuk menyembah-Nya?”
Abdullah bin Mas’ud . Abdullah ra masuk Islam pada usia 14 tahun. Beliau termasuk salah satu pembaca al-Quran yang paling baik, yang disebut-sebut Rasulullah dalam hadisnya: “Barangsiapa yang hendak membaca al-Quran sebagaimana ia diwahyukan, maka bacalah sesuai dengan bacaannya Ibnu Ummi Abdin (Abdullah bin Mas’ud).”
Selain Ali dan Abdullah, masih banyak contoh-contoh pemuda muslim lain yang nggak kalah hebatnya. Mush’ab bin Umair baru berusia 24 tahun ketika diutus Rasulullah saw. pergi ke Madinah untuk menyebarluaskan Islam. Usamah bin Zaid di usianya yang sweet seven teen , memimpin para sahabat senior seperti Abu Bakar dan Umar sebagai Amirul Jihad (komandan pasukan kaum Muslim menghadapi pasukan Romawi). Ja’far bin Abu Thalib yang berani berdiri di depan Raja Najasy dari Habsyah (Ethiopia) untuk mewakili dan membela Islam walau usianya baru 20 tahun. Imam Syafi’i, salah satu ulama terbesar berhasil menghafal al-Quran pada usia 7 tahun dan menjadi mujtahid pada usia 14 tahun.
Pokoknya banyak banget deh figur pemuda Islam yang bener-bener berdiri di garis depan kebangkitan Islam dan kaum Muslimin. Tapi jangan sampe lupa, semuanya bisa berprestasi karena mereka hidup dengan aturan Islam dan berjuang untuk kejayaan Islam. Catet ya?
Menjadi striker handal
Striker handal nggak cuma milik Dado Prso yang membela klub asal Perancis, AS Monaco. Kita juga bisa meski nggak di lapangan hijau. Kita yang bakal mendobrak pertahanan musuh-musuh Islam yang tengah mengepung kita. Kita juga yang bakal memimpin umat ke arah kebangkitan yang selama ini kita dam-bakan bersama. Karena itu, mari kita sama-sama jadikan diri kita sebagai ujung tombak kebangkitan umat. Berikut beberapa tips sebagai masukan buat yang belum bisa istiqomah dengan Islam. Juga diharapkan bisa menjadi pemicu bagi para aktivis agar lebih dekat kepada Allah Swt.:
Pertama , menempa diri dengan tsaqofah Islam. Nggak usah alergi bin gengsi ikut pengajian. Galilah tsaqofah Islam sedalam mungkin. Sampai kita bener-bener yakin kalo Allah itu ada dan selalu mengawasi kita. Al-Quran itu perkataan Allah yang kudu kita jadiin pegangan dalam hidup. Dan Rasulullah saw. adalah panutan kita dalam berbuat.
Kedua , mengaitkan perbuatan kita dengan kehidupan akhirat. Sebagai muslim, udah seharusnya kita selalu mikir imbalan yang bakal kita terima sebelum berbuat. Pahala atau siksa di akhirat. Walaupun rencana itu masih diperdebatkan dalam hati. Kesadaran hubungan kita dengan Allah Swt. dan akhirat ini yang bisa jadi perisai buat lindungi diri kita dari dosa sekaligus memicu kita mencari pahala.
Ketiga , hidup dalam lingkungan yang baik. Salah satu upaya pencegahan biar kita nggak tergoda berbuat maksiat adalah hidup dalam lingkungan yang sehat dan steril dari godaan setan. Seperti dalam sebuah hadis: “Perumpa-maan teman pendamping yang shalih dan teman pendamping yang buruk adalah seperti penjual minyak wangi dan tukang pandai besi. Dari penjual minyak wangi kalian bisa mendapatkan minyak wangi atau mencium bau harumnya; sedangkan dari tukang besi kalau tidak membakar pakaianmu, maka kalian akan mendapatkan bau busuk darinya.” (HR Bukhari Jilid 3 No. 314)
Keempat , berdakwah kepada orang lain. Nggak cukup rasanya kalo kita menimba tsaqofah tapi cuma buat diri sendiri. Kebayang, nggak akan tersebar Islam kalo kita nggak ikut nyampein ke orang lain. Karena kita memeluk Islam pun karena ada orang yang nyampein ke kita, keluarga, atau nenek moyang kita. Betul apa bener? Hehehe…
Kelima , ngikut aturan Islam nggak kayak robot . Istiqomah dengan aturan Islam bukan berarti kita nggak boleh senang-senang. Sok aja. Karena Rasulullah pun dulu suka becanda dengan istrinya, berolahraga dengan sahabatnya, atau pake baju yang bagus dan rapi. Tapi tetep, semuanya kudu nyar’i . Dan kita kudu hati-hati biar nggak terlena dengan berbagai macam hiburan atau larut dalam kesenangan. Karena itu kerjaan orang kafir. Kita tentu, BEDA!
Nah, sobat muda muslim, mumpung kita masih muda, jangan sia-siakan potensi yang kita punya. Manfaatkan waktu yang ada untuk belajar, berdakwah, berbuat baik kepada umat, dan berkarya sebelum masa muda hilang ditelan usia. Nggak ada kata terlambat buat jadi pemuda dambaan umat. Jadi striker pembela Islam ye!
sumber  : dudung.net
Share to Media
By Odjie Samroji

47 thoughts on “Remaja Muslim jadilah kebanggaan Islam

  • 237535 631283 very nice post, i certainly adore this internet site, maintain on it 962801

  • What i do not understood is if truth be told how you are
    now not actually a lot more neatly-liked than you might be now.
    You are very intelligent. You realize thus significantly in terms of this subject, produced me in my view imagine it from so many varied angles.

    Its like women and men don’t seem to be fascinated unless it’s one thing
    to accomplish with Lady gaga! Your own stuffs great.
    All the time care for it up!

  • Wow, superb weblog format! How lengthy have
    you been running a blog for? you make running a
    blog look easy. The whole glance of your website is
    fantastic, let alone the content material!

  • Howdy just wanted to give you a quick heads up.

    The text in your post seem to be running off the screen in Ie.
    I’m not sure if this is a format issue or something to do with browser compatibility but I thought I’d post to let you
    know. The design and style look great though!
    Hope you get the problem solved soon. Kudos

  • I’ve been browsing online more than 4 hours today, yet I never
    found any interesting article like yours.
    It’s pretty worth enough for me. Personally, if all site owners and bloggers
    made good content as you did, the net will be a lot more useful than ever before.

  • I every time used to study paragraph in news papers but now
    as I am a user of web therefore from now I am using net for content,
    thanks to web.

  • Its like you read my mind! You appear to know so much about this, like you wrote the book
    in it or something. I think that you can do with some pics to
    drive the message home a bit, but other than that, this is excellent blog.

    An excellent read. I will certainly be back.

  • free dating sites
    Have you ever thought about including a little bit more
    than just your articles? I mean, what you say is important and all.

    But imagine if you added some great visuals or videos to give your
    posts more, “pop”! Your content is excellent but with images and videos, this website could
    undeniably be one of the best in its field. Fantastic blog!
    dating sites

  • scoliosis
    Hiya! Quick question that’s completely off topic. Do you know how to make your site mobile friendly?
    My site looks weird when browsing from my apple iphone.
    I’m trying to find a theme or plugin that might be able
    to correct this problem. If you have any suggestions, please share.
    Cheers! scoliosis

  • scoliosis
    Do you mind if I quote a few of your posts as long as I provide credit and sources back to your blog?
    My blog site is in the exact same niche as yours and my users
    would definitely benefit from some of the information you present
    here. Please let me know if this alright with you.
    Thanks! scoliosis

  • scoliosis
    Hello, its pleasant article about media print, we all be aware of media is a
    fantastic source of facts. scoliosis

  • Quality articles is the main to invite the viewers to pay a visit the web site, that’s
    what this web site is providing.

  • This paragraph will help the internet users for building up new web site or even a weblog from
    start to end.

  • These are genuinely fantastic ideas in on the topic of blogging.

    You have touched some pleasant things here. Any way keep up wrinting.

  • Greetings! This is my first visit to your blog!

    We are a collection of volunteers and starting a new project in a community in the same niche.
    Your blog provided us valuable information to work on. You have done a wonderful job!

  • I love it when individuals come together and share opinions.
    Great site, keep it up!

  • Greetings from Colorado! I’m bored to death at work so I
    decided to browse your blog on my iphone during lunch break.

    I really like the knowledge you provide here and can’t wait to take a
    look when I get home. I’m amazed at how fast your blog loaded on my cell
    phone .. I’m not even using WIFI, just 3G .. Anyhow, awesome site!

  • I know this if off topic but I’m looking into starting my own blog and was curious what all is
    required to get setup? I’m assuming having a blog like yours would cost a pretty penny?

    I’m not very internet smart so I’m not 100%
    sure. Any recommendations or advice would be greatly appreciated.
    Thanks

  • I believe what you typed made a great deal of sense.
    However, think on this, suppose you were to create a awesome title?

    I mean, I don’t want to tell you how to run your blog, but
    what if you added something to maybe get a person’s attention?
    I mean Remaja Muslim jadilah kebanggaan Islam – MASODJIE.COM is
    a little boring. You should look at Yahoo’s home page and note how they create post titles to get people to click.
    You might add a related video or a related pic or two to grab people interested about everything’ve written. In my opinion, it would bring
    your posts a little bit more interesting.

  • Your style is really unique compared to other folks I’ve read
    stuff from. Thanks for posting when you’ve got the opportunity, Guess I
    will just bookmark this page.

  • Howdy! I realize this is somewhat off-topic however I had to ask.
    Does running a well-established blog such as yours require a
    massive amount work? I am brand new to running a blog
    however I do write in my journal daily. I’d like to start a blog so I can share my experience
    and feelings online. Please let me know if you have any suggestions or tips for new aspiring bloggers.
    Appreciate it!

  • I do believe all the concepts you’ve introduced for
    your post. They’re very convincing and will definitely work.
    Still, the posts are too quick for newbies.
    Could you please lengthen them a bit from subsequent time?
    Thank you for the post. asmr 0mniartist

  • Hi there to all, it’s really a pleasant for me to pay a visit this website, it consists of priceless Information.
    asmr 0mniartist

  • Hey there! I know this is somewhat off topic but
    I was wondering which blog platform are you using for this website?
    I’m getting sick and tired of WordPress because I’ve had problems with hackers and I’m looking at options for another platform.
    I would be fantastic if you could point me in the direction of a good platform.
    asmr 0mniartist

  • What i don’t understood is actually how you’re now not actually
    much more neatly-appreciated than you might be now. You’re
    very intelligent. You understand thus significantly
    relating to this topic, produced me individually consider it from numerous various
    angles. Its like women and men don’t seem to be involved
    except it’s something to do with Lady gaga!
    Your personal stuffs great. Always care for it up! asmr 0mniartist

  • I’m commenting to let you be aware of of the awesome discovery my child developed browsing the blog. She came to find a good number of details, including how it is like to have a great coaching character to get certain people clearly comprehend a number of advanced issues. You actually did more than her desires. I appreciate you for churning out such effective, dependable, edifying and cool guidance on that topic to Emily.

  • Betul sekali mas A VIp, mari kita ikut memperbaiki kondisi remaja kita yang skrang butuh perhatian untuk saling mengingatkan….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.