Remaja Muslim, Remaja Dakwah

Dakwah? Hmm.. kok kayaknya berat banget kedengarannya ya? Lho, emangnya kenapa? Sebagian teman remaja biasanya denger atau ngucapin kata dakwah terasa sangat berat. Telinga pekak en lidah kelu dan yang terbayang di benaknya pasti urusannya dengan jenggot, kopiah, baju koko, sarung, dan jilbab. Well. Nggak salah-salah amat sih. Cuma nggak lengkap penilaiannya.
Lagian juga terkesan adanya pemisahan antara dakwah dan kehidupan umum, gitu lho.
Kesannya kalo dakwah adalah bagiannya mereka yang ada di kalangan pesantren atau anak-anak ngaji aja. Anak-anak nongkrong sih nggak tepat kalo berurusan dengan dakwah. Dakwah kesannya jadi tugas mereka yang hobinya dengerin lagu-lagu nasyid macam Demi Masa-nya Raihan. Bukan tugas anak-anak yang hobinya dengerin lagu-lagu pop macam Terima Kasih Cinta-nya Afgan. Halah, itu salah banget, Bro. Nggak gitu deh seharusnya. Sumpah.
Gini nih, sebenarnya urusan dakwah atau tugas dakwah jadi tanggung jawab bersama seluruh kaum muslimin. Cuma, karena tugas dakwah ini cukup berat dan nggak semua orang bisa tahan menunaikannya, jadinya dakwah secara tidak langsung diserahkan kepada mereka yang ngerti aja. Anggapan seperti ini insya Allah nggak salah. Cuma, kalo dengan alasan seperti ini lalu kaum muslimin yang belum ngerti atau masih awam tentang Islam jadi bebas untuk nggak berdakwah, atau nggak mau terjun dalam dakwah, itu tentu salah, Bro. Why? Karena tetap aja punya kewajiban untuk belajar. Tetap punya kewajiban mencari ilmu. Jadi, nggak bisa bebas juga kan? Malah kalo nekat nggak mau belajar dan nggak mencari ilmu, hal itu dinilai berdosa, man! Bener.
Baginda kita, Rasulullah Muhammad saw. bahkan menyatakan bahwa aktivitas belajar dan mencari ilmu adalah kewajiban bagi seluruh kaum muslimin dari buaian ibu hingga ke liang lahat. Kalo mencari ilmu itu adalah wajib, berarti bagi yang nggak mencari ilmu selama hidupnya, jelas berdosa dong. Allah Swt. bahkan menjamin orang-orang yang beriman dan berilmu akan diberikan derajat lebih tinggi dibanding orang yang nggak berilmu (apalagi nggak beriman). Firman Allah Swt.:
“…Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS al-Mujâdalah [58]: 11)
Bro, emang bener banget. Urusan dakwah ini sangat erat hubungannya dengan tingkat keilmuan. Dakwah itu jelas membutuhkan ilmu. Jadi, betul kalo dikatakan bahwa tugas berdakwah hanya diberikan kepada mereka yang udah menguasai ilmu agama. Tapi, buat kita yang belum menguasai ilmu agama secara mantap bukan berarti nggak ada kewajiban dakwah. Sebab, rasa-rasanya untuk ukuran sekarang nih, nggak mungkin banget ada kaum muslimin yang nggak ngerti sama sekali tentang Islam. Pasti deh, satu keterangan atau dua keterangan dalam ajaran agama Islam sudah pernah didengarnya dan menjadi pengetahuannya. So, sebenarnya tetap punya kewajiban nyampein dakwah meskipun cuma sedikit yang diketahui. Kalo pengen lebih banyak tahu tentang Islam, ya tentu saja kudu belajar lagi dan mencari ilmu lagi. Sederhana banget kan solusinya? Insya Allah kamu pasti bisa ngejalaninya, asal kamu mau. Yakin deh.
Mengapa dakwah itu wajib?
Jawabnya gini, sebab Islam adalah agama dakwah. Salah satu inti dari ajaran Islam memang perintah kepada umatnya untuk berdakwah, yakni mengajak manusia kepada jalan Allah (tauhid) dengan hikmah (hujjah atau argumen). Kepedulian terhadap dakwah jugalah yang menjadi trademark seorang mukmin. Artinya, orang mukmin yang cuek-bebek sama dakwah berarti bukan mukmin sejati. Bener, lho. Apa iya kamu tega kalo ada teman kamu yang berbuat maksiat kamu diemin aja? Nggak mungkin banget kan kalo ada temen yang sedang berada di bibir jurang dan hampir jatuh, nggak kamu tolongin. Iya nggak sih?
Boys and gals, bahkan Allah memuji aktivitas dakwah ini sebagai aktivitas yang mulia, lho. FirmanNya:

“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh dan berkata: “Sesungguhnya aku termasuk orang-orang muslim” (QS Fushshilat [41]: 33)

Dalam ayat lain Allah memerintahkan kepada kaum muslimin untuk berdakwah. Seperti dalam firmanNya:
“Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik.” (QS an-Nahl [16]: 125)
Menyeru kepada yang ma’ruf (kebaikan) dan mencegah dari perbuatan munkar merupakan identitas seorang muslim. Itu sebabnya, Islam begitu dinamis. Buktinya, mampu mencapai hingga sepertiga dunia. Itu artinya, hampir seluruh penghuni daratan di dunia ini pernah hidup bersama Islam. Kamu tahu, ketika kita belajar ilmu bumi, disebutkan bahwa dunia ini terdiri dari sepertiga daratan dan dua pertiga lautan. Wah, hebat juga ya para pendahulu kita? Betul, sebab mereka memiliki semangat yang tinggi untuk menegakkan kalimat “tauhid” di bumi ini. Sesuai dengan seruan Allah (yang artinya): “Dan perangilah mereka itu, sehingga tidak ada fitnah lagi dan (sehingga) ketaatan itu hanya semata-mata untuk Allah.” (QS al-Baqarah [2]: 193)
Kini, di jaman yang udah jauh berubah ketimbang di “jaman onta”, arus informasi makin sulit dikontrol. Internet misalnya, telah mampu memberikan nuansa budaya baru. Kecepatan informasi yang disampaikannya ibarat pisau bermata dua. Bisa menguntungkan sekaligus merugikan. Celakanya, ternyata kita kudu ngurut dada lama-lama, bahwa kenyataan yang harus kita hadapi dan rasakan adalah lunturnya nilai-nilai ajaran Islam di kalangan kaum muslimin. Tentu ini akibat informasi rusak yang telah meracuni pikiran dan perasaan kita. Utamanya remaja muslim. Kita bisa saksikan dengan mata kepala sendiri, bahwa banyak teman remaja yang tergoda dengan beragam rayuan maut peradaban Barat seperti seks bebas, narkoba, dan beragam kriminalitas. Walhasil, amburadul deh!
Itu sebabnya, sekarang pun dakwah menjadi sarana sekaligus senjata untuk membendung arus budaya rusak yang akan menggerus kepribadian Islam kita. Kita lawan propaganda mereka dengan proganda kembali. Perang pemikiran dan perang kebudayaan ini hanya bisa dilawan dengan pemikiran dan budaya Islam. Yup, kita memang selalu “ditakdirkan” untuk melawan kebatilan dan kejahatan.
Sobat muda muslim, Islam membutuhkan tenaga, harta, dan bahkan nyawa kita untuk menegakkan agama Allah ini. Dengan aktivitas dakwah yang kita lakukan, maka kerusakan yang tengah berlangsung ini masih mungkin untuk dihentikan, bahkan kita mampu untuk membangun kembali kemuliaan ajaran Islam dan mengokohkannya. Tentu, semua ini bergantung kepada partisipasi kita dalam dakwah ini.
Coba, apa kamu nggak risih dengan maraknya pergaulan bebas di kalangan remaja? Apa kamu nggak merasa was-was dengan tingkat kriminalitas pelajar yang makin tinggi? Apa kamu nggak kesel ngeliat tingkah remaja yang hidupnya nggak dilandasi dengan ajaran Islam? Seharusnya masalah-masalah model beginilah yang menjadi perhatian kita siang dan malam. Beban yang seharusnya bisa mengambil jatah porsi makan kita, beban yang seharusnya menggerogoti waktu istirahat kita, dan beban yang senantiasa membuat pikiran dan perasaan kita nggak tenang kalo belum berbuat untuk menyadarkan kaum muslimin yang lalai.
Untuk ke arah sana, tentu membutuhkan kerjasama yang solid di antara kita. Sebab, kita menyadari bahwa kita bukanlah manusia super yang bisa melakukan aksi menumpas kejahatan hanya dengan seorang diri. Kalo kita ingin cepat membereskan berbagai persoalan tentu butuh kerjasama yang apik, solid dan fokus pada masalah. Pemikiran dan perasaan di antara kita kudu disatukan dengan ikatan akidah Islam yang lurus dan benar. Kita harus satu persepsi, bahwa Islam harus tegak di muka bumi ini. Kita harus memiliki cita-cita, bahwa Islam harus menjadi nomor satu di dunia untuk mengalahkan segala bentuk kekufuran. Itulah di antaranya kenapa kita wajib berdakwah, Bro. Semoga kamu paham.
Dakwah itu tanda cinta
Bro en Sis, seharusnya kita menyambut baik orang-orang yang mau meluangkan waktu dan mengorbankan tenaganya untuk dakwah menyampaikan kebenaran Islam. Sebab, melalui merekalah kita jadi banyak tahu tentang Islam. Kita secara tidak langsung diselamatkan oleh seruan mereka yang awalnya kita rasakan sebagai bentuk ‘kecerewetan’ mereka yang berani ngatur-ngatur urusan orang lain. Padahal, justru itu tanda cinta dari sesama kaum muslimin yang nggak ingin melihat saudaranya menderita gara-gara nggak kenal Islam dan nggak taat sama syariatnya.
Rasulullah saw. bersabda: “Perumpamaan keadaan suatu kaum atau masyarakat yang menjaga batasan hukum-hukum Allah (mencegah kemungkaran) adalah ibarat satu rombongan yang naik sebuah kapal. Lalu mereka membagi tempat duduknya masing-masing, ada yang di bagian atas dan sebagian di bagian bawah. Dan bila ada orang yang di bagian bawah akan mengambil air, maka ia harus melewati orang yang duduk di bagian atasnya. Sehingga orang yang di bawah tadi berkata: “Seandainya aku melubangi tempat duduk milikku sendiri (untuk mendapatkan air), tentu aku tidak mengganggu orang lain di atas.” Bila mereka (para penumpang lain) membiarkannya, tentu mereka semua akan binasa.” (HR Bukhari)
Sobat, dakwah adalah darah dan napas kehidupan Islam. Itu sebabnya, kita yang masih remaja pun dituntut untuk mampu tampil sebagai pengemban dakwah yang handal. Kita khawatir banget, seandainya di dunia ini nggak ada orang-orang yang menyerukan dakwah Islam, bagaimana masa depan kehidupan umat manusia nanti? Jangan sampe Islam dan umat ini hanya tinggal “kenangan”. Yuk, kita kaji Islam biar mantap dan semangat mendakwahkannya.  
by : osolihin  http://www.dudung.net
Share to Media
By Odjie Samroji

53 thoughts on “Remaja Muslim, Remaja Dakwah

  • The article is really excellent. Every time I read it, I get information again.
    The best article I’ve read in a long time…

  • The article is really excellent. Every time I read it, I get information again.
    The best article I’ve read in a long time….

  • You actually make it seem so easy with your presentation but I find this
    matter to be actually one thing which I feel I’d never understand.
    It seems too complicated and extremely broad for me.
    I am having a look forward on your subsequent submit, I’ll attempt to get the dangle of it! http://cleckleyfloors.com/

  • An outstanding share! I have just forwarded this onto a friend who has been conducting a little homework on this.
    And he actually ordered me breakfast due to the fact
    that I stumbled upon it for him… lol. So let me reword this….

    Thank YOU for the meal!! But yeah, thanks for spending the time to talk about this matter here on your web
    page.

  • Hey there! I know this is kind of off topic but I was wondering
    if you knew where I could find a captcha plugin for my
    comment form? I’m using the same blog platform as yours and I’m having problems finding
    one? Thanks a lot!

  • Thank you a lot for sharing this with all folks you actually know what you’re talking about!

    Bookmarked. Please additionally visit my web site =). We
    could have a link exchange arrangement among us

  • Wow that was strange. I just wrote an extremely long comment
    but after I clicked submit my comment didn’t show up.
    Grrrr… well I’m not writing all that over again. Regardless,
    just wanted to say excellent blog!

  • Hey just wanted to give you a quick heads up and let you know
    a few of the pictures aren’t loading properly. I’m not sure why but I think its a linking issue.
    I’ve tried it in two different internet browsers and both show the same outcome.

  • I blog often and I truly appreciate your information. The
    article has truly peaked my interest. I am going to book mark your website and keep checking for new information about once per
    week. I opted in for your RSS feed too.

  • Terrific article! This is the kind of information that should be shared around the internet.
    Shame on Google for now not positioning this post
    higher! Come on over and visit my web site .
    Thank you =)

  • Hi, I do think this is an excellent website. I stumbledupon it 😉
    I will return once again since I book-marked it. Money and freedom is the greatest way to change, may you be rich and continue to guide
    others.

  • Thanks for some other wonderful article. Where else may just anybody get that type of info in such an ideal means of writing?
    I’ve a presentation next week, and I am at the look for
    such info.

  • SAÇ DÖKÜLMESİNE KARŞI GÜÇLÜ VE ETKİN BAKIM

    Saç dökülmesi ile mücadele bazen zorlu bir maratona
    dönüşebilir. Bu maratona HC Doping ile bir adım önde başlayın…
    Bitiş çizgisine geldiğinizde saçlarınızdaki değişimi ve ne kadar güçlendiğini
    hissedeceksiniz… Üstelik hergün sadece 2 dakikanızı ayırarak.

    HC Doping’in procapil, follicusan, bitki özleri ve vitaminler içeren formülü, saçlarına ihtiyaç
    duyduğu desteği kazandırmak isteyen her yaş
    aralığındaki kadın ve erkek için uygundur.

    Saç Bakım

  • nstagram Takipçi Satın Alarak Kitleniz Nasıl Büyür?

    Instagram takipçi satın al günümüzde tercih edilen hesap büyütme yollarından biridir.

    Kişisel hesapların yanı sıra pek çok işletme hesabının da yer aldığı uygulamada her hesap, takipçi sayısının çok olmasını ister.
    Takipçi sayısının yüksek olması ile farklı Instagram kullanıcılarında güven oluşur
    ve sayfa ziyareti başlar. İnstagram takipçi alarak profilinizi zengin göstererek
    en iyi ve kaliteli takipçilere sahip olmanız yanı sıra ucuz fiyatlara takip2018 den instagram takipçi satın al

  • Instagram Takipçi Satın Almak Sizleri En iyisi yapar

    Takipçi sayısı ne kadar yüksek olur ise hesaptan yapılan fotoğraf ya da video paylaşımları o denli anlam bulur.

    Bu neden ile takipçi satın alımı önemsenir ve pek çok hesap tarafından uygulanır.

    Hesabın kaliteli gözükmesi ve doğal şekilde büyümesi için Türk
    takipçi işlemi önem kazanır. Kaliteli türk takipçi satın alabilmek için
    takip2018 den takipçi alabilirsiniz.
    instaGRam takipçi Satın al

  • Thank you, I have recently been looking for info about
    this subject for a while and yours is the best I have found out so far.
    However, what concerning the bottom line? Are you positive
    in regards to the source?

  • Hc care ile ne iyi leke kremine sahip olarak cildinize önem vermek için artık geç değil!

    Cilt lekelerine karşı benzersiz bir ürün olduğunu iddia ediyoruz,
    hc her konuda olduğu gibi leke kremi konusundada sizlere benzersiz kalitesini sunmaktan gurur
    duyuyor.

  • Hi there, i read your blog occasionally and i own a similar one and
    i was just curious if you get a lot of spam comments?
    If so how do you prevent it, any plugin or anything you can suggest?
    I get so much lately it’s driving me mad so any support is very
    much appreciated.

  • Magnificent website. Lots of helpful information here. I am sending it to a few friends ans additionally sharing in delicious.
    And of course, thank you on your sweat!

  • It is appropriate time to make a few plans for the long run and
    it’s time to be happy. I’ve read this submit and if I could I desire
    to suggest you some fascinating things or advice.
    Perhaps you can write next articles referring to this article.
    I desire to learn even more issues approximately it!

  • Youtube abone hizmetleri

    Günümüz de En çok Vakit Harcanan Sosyal Medya Araçlarından Biri de Youtube’ dir
    Eskilerden plaklar ve kasetler vardı şimdi
    ise günümüz video izlenme sitelerinden olan youtube var
    Bu nedenle Plak şirketleri vb işleri yapan fenomenler de youtube üzerinden gelir
    elde ederler.
    ve hemen hemen herkes Youtube abone satın al işlemi yaparak bu seviyeye gelmiştir, Youtube de abone sayınız az
    ise
    etkileşim kesinlikle çok zordur. bu sebepten abone
    satın alarak etkileşim görebilirsiniz.

  • Günümüz de Takipçi Satın Almanın Avantajları

    Günümüzde insanlar takipçi sayılarını artırma hususunda yoğun bir çaba sarf ediyor.

    Kimisi bu işlemi hashtag kullanımı ile kendisini
    tanıtmak veya paylaşım algoritması gibi çeşitli algoritmaları kullanarak
    yapmaktadır.
    Kimisi ise instagram takipçi satın al platformlarını kullanarak takipçi sayılarını artırmaktadır.

    Bu platformların en büyük avantajının gerçek takipçiler sunarak hızlı bir şekilde
    takipçi sayısının artırılabiliyor olması durumudur.

    Bunun yanı sıra da instagram algoritmalarını kullanarak sabrederek
    ve uzun zaman içerisinde bir yükselme yaşamak
    yerine kısa zamanda ve sabretmeden hızlı bir şekilde
    artış
    sağlanabiliyor olmasıdır.

  • I every time spent my half an hour to read this weblog’s articles or reviews everyday along with a
    mug of coffee.

  • Ister bireysel ister kurumsal şirketler tarafından çevrimiçi amaç kitlelerine çok daha kısa
    sürede ulaşabilme olanağı sunmaktadır.
    Genelde şahsi hesaplar oldukça çok gelir kaynağı olarak
    kazanmaktadırlar..
    Fakat bütün bu imkanlarda yararlanabilmek amacıyla takipçilerinizin oldukça fazla olması
    gerekmektedir.
    Bu yüzden Takipçi satın al diyerek takipçi alımı gerçekleştirmelisiniz.

    Takipçisi olmayan hiç bir profile reklam vermekten çekinir kullanıcılar.

    kaliteli ve en iyi takipçi sitesi olan bu siteden istediğiniz paketi alabilir kaliteli takipçiler
    ile geleceğinizi değiştirebilirsiniz.

    .

  • Ahaa, its pleasant conversation concerning this article at this place at this web site, I have read all that, so
    now me also commenting at this place.

  • Hi, yup this article is truly good and I have learned lot of
    things from it on the topic of blogging. thanks.

  • Sitede Türk takipci satin al içerikleri sergilenirken, en ideal fiyatlı takipçi paketlerine
    de siteden ulaşılabiliyor.
    Sizlerde aktif ve tanınmış bir Instagram hesabına sahip olmak amacıyla siteyle
    etkileşim kurabilirsiniz.

    Aldığınız türk yada yabancı takipçi farketmezsizin hemen profilinize
    etkileşim kuracaklardır
    Instagram hesabınızı yoğun bir etkileşimli duruma getirmek için en iyi seçenek türk takipçi satın al Seçeneğidir.

    En iyi TÜRK TAKİPÇİ SATIŞ SİTESİ Takip2018.com a herkesi bekleriz

  • Thanks in support of sharing such a good thinking, article is good, thats
    why i have read it fully

  • Hi everybody, here every one is sharing these kinds
    of know-how, therefore it’s nice to read this blog, and I used to
    visit this web site every day.

  • Tiktok çok kısa süre önce çıkmasına rağmen kısa sürede çok popüler oldu ve bu video sitesinde satış yapmak isteyenler
    tiktok izlenme satın al işlemi yapmak istiyorlar, Web sitesi üzerinden 7/24
    tiktok izlenme yada takipçi alabilir hemen profilinize yansıtılmasını sağlayabilirsiniz

  • Youtube Abone Satın Al

    Abone Sayısının çok olması sizce neden önemli?
    Sanal dünya içerisinde her şey tetikleyicidir.
    Daha evvelce yayınladığınız reklam ve videolar izlenirlik ve abonelik bakımından dilediğiniz düzeyde olmayabilir.

    Youtube abone satın al sorunlarınızı çok süratli
    çözmenize yardımcı olacaktır.
    Böylelikle abone sayınız arttıkça sizinde videolarınz izlenecek kişiler yorum dahi yapacaklardır…

  • Shell downlaod yada Php Shell indirmek için shelldownload.org logsuz shell indirebilir apache server gibi sunucularınız test edebilirsiniz

  • Dünyanın dört bir yanında insanlar takipçi arayışı içinde olduğunu unutmamak gerekir,
    herkes fenomen olmak ister paylaşımları beğenilmeli ve herkes tarafından takdir edilmelidirler,
    Sizde Türkiye de ki bu ünlü olan yada olmak isteyen kişiler gibi hemen instagram takipçi satın al
    diye google de arayarak
    takip2018 den takipçi alabilirsiniz

    .

  • Today, with all the fast life style that everyone is having, credit cards have a big demand throughout the economy. Persons coming from every discipline are using credit card and people who aren’t using the credit cards have made arrangements to apply for one in particular. Thanks for expressing your ideas about credit cards. https://hemorrhoidsmedi.com hemorrhoids drugs for sale

  • I precisely desired to say thanks again. I’m not certain the things I could possibly have achieved in the absence of the aspects contributed by you about my area. Completely was a challenging case for me, but being able to view a expert approach you dealt with it forced me to cry for contentment. Extremely grateful for the advice and believe you are aware of a powerful job that you’re accomplishing educating many others all through a blog. I’m certain you’ve never come across all of us.

  • A lot of thanks for all your efforts on this site. Gloria enjoys engaging in investigation and it’s easy to understand why. Almost all know all concerning the dynamic means you deliver great items on the web blog and as well encourage contribution from other people on that concern plus our daughter is actually being taught a lot. Have fun with the remaining portion of the new year. You’re the one conducting a glorious job.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.